Dalam menjalankan tugasnya, Food
and Beverage Department memiliki hubungan yang erat
dengan departemen - departemen lain yang ada di hotel. Adapun hubungan Food and Beverage Department dengan Departemen lain yaitu :
a.
Front Office Department
Kerja sama ini sangat perlu terutama dalam
pemberian keterangan tentang tamu-tamu Hotel, misalnya : jumlah tamu,
kamar-kamar yang terpakai, tamu yang masuk atau keluar. Disamping itu juga
didalam memberikan pesanan khusus, seperti tamu-tamu penting (VIP Guest), pemberian sesuatu dari pihak
hotel kepada tamu tertentu (Complement).
b.
HouseKeeping Department
Disini lebih banyak
menyangkut soal kebersihan dan pengadaan peralatan. Pada umumnya, Housekeeping bertanggung jawab dalam
membersihkan lantai, pintu, jendela restaurant
dan bar, termasuk juga dalam
penyediaan pakaian dinas pegawai, linen
(taplak meja, lap) dan bunga.
c.
Accounting Department
Kerja sama ini sangat erat sekali didalam
menangani dan membuat laporan tentang hasil penjualan makanan dan minuman di restaurant dan bar. Dalam hal pengawasan bahan-bahan makanan dan minuman yang
diproduksi, memerlukan kerja sama yang teratur dan baik. Disamping itu,
kerjasama dan saling pengertian ini juga diperlukan dalam pembayaran terhadap
bahan-bahan makanan dan minuman kepada para penjual, dan juga dalam ketepatan
pembayaran gaji pegawai.
d.
Engineering Department
Demi kelancaran jalannya operasi, perbaikan
atas perabot (furniture) restaurant dan bar adalah sangat perlu. Disamping itu pengadaan dan pengawasan
atau peralatan listrik yang digunakan baik di restaurant, bar, dan
dapur harus dilaksanakan dengan baik, sehingga dapat beroperasi semestinya.
e.
Purchasing Department (Store)
Bertanggung jawab atas seluruh barang,
peralatan, perlengkapan, serta bahan kebutuhan yang diperlukan dalam pelaksanaan
operasional Food and Beverage Product.
Dalam pelaksanaannya perlu diperhatikan dalam memilih barang yang akan dibeli
pastikan sesuai order (kualitas dan
kuantitasnya) dan harganya. Gudang (store)
atau bagian yang mengurusi tempat penyimpanan barang-barang yang sudah dibeli
oleh pihak purchasing. Sebelum
barang-barang tersebut disimpan ke dalam store
harus dicek kembali kebenaran seluruh barang yang masuk apakah sesuai dengan orderannya atau tidak. Dalam penyimpanan
harus diperhatikan tanda-tanda peringatan penyimpanan barang agar tidak mudah
rusak dan harus dipilah-pilahkan berdasar macam dan jenisnya. Sehingga ketika
kru Food and Beverage Product akan
mengambil barang yang sudah tertera di skala , barang masih dalam keadaan baik
dan siap pakai.
f.
Steward Department
Steward mempunyai tugas dan tangung jawab atas
penyediaan alat kelengkapan yang menunjang operasional Food and Beverage Product, kebersihan area kitchen, peralatan dan perlengkapan yang digunakan kru Food and Beverage Product.
g.
Human Resources Department
Departemen ini berhubungan dengan Food and Beverage Product dalam hal
mengurus masalah pengawasan penerimaan pegawai baru, pemberhentian pegawai dan
masalah-masalah yang dihadapi pegawai yang berhubungan dengan hotel.
h.
Marketing Department
Peranan marketing juga sangat penting bagi Food and Beverage Product, dengan adanya
marketing maka hasil produk-produk
hotel atau Food and Beverage Product khususnya
dapat dipromosikan ke public.
Sehingga bisa menarik konsumen untuk membeli produk kita atau untuk menambah
kepuasan konsumen yang sudah membeli produk kita.
i.
Food and Beverage Service
Department
Food and
Beverage Service Department memiliki
banyak section dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Berikut ini
beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalin hubungan baik agar tercipta
pelayanan yang memuaskan bagi tamu hotel.
1)
Restaurant Section
Area terpenting dalam penjualan Food and Beverage Product, mengapa
demikian karena dapat dibuktikan dengan banyaknya order yang diterima oleh Food
and Beverage Product dan setiap section
yang ada di Food and Beverage Product
wajib memenuhinya. Selanjutnya restaurant
juga menyajikan menu-menu Food and
Beverage Product seperti untuk breakfast,
lunch, dan dinner yang tersaji
dalam bermacam-macam menu lokal tradisional, Asia, dan Internasional (Western). Hubungan yang baik ini
berfungsi untuk mengetahui berapa penjualan Food
and Beverage Product, makanan apa yang disuka tamu dan lain sebagainya.
Sehingga dalam pembuatan produk dapat dievaluasi tampilan, rasa, porsi, harga,
dan lainnya.
2)
Room Service
Bertugas dan bertanggung jawab atas pelayanan
pemesanan makanan dan minuman di dalam kamar selama 24 jam non stop dan Food and
Beverage Product harus mampu menyediakan pesanan yang sesuai dengan menu
yang dipilih oleh tamu, diharapkan dengan pelayanan ini tamu bisa merasa puas
karena pelayanan hotel yang tidak berhenti yang dapat meningkatkan pendapatan
hotel sendiri.
3)
Bar Service
Melayai tamu yang ada di bar, restaurant, maupun di poolside,
walaupun kapasitasnya hanya menyediakan beverage
dan snack saja namun kru kitchen harus siap membuatkan pesanan
makanan ketika ada tamu yang memesan.
No comments:
Post a Comment